Saturday, July 26, 2003

SKIZOFRENIA

Hmm.. kmaren ini gw kebetulan abis baca novel yg tokoh utamanya ternyata menderita kelainan jiwa yg namanya skizofrenia ini. Agak2 mirip film A Beautiful Mind gitu deh.. tapi yg gw baca ini ceritanya lebih sedih n tragis banget.. Gw sampe hampir nangis pas sampe di akhir critanya.. Eits, hampir lohh.. =P Nah, gara2 itu gw jadi pengen ngomongin skizofrenia.. sayangnya gw blom sempet nyari2 sumber2 yg lengkap gitu sih.. yg gw tau ttg penyakit ini kurang lebih sama lah sama pengetahuan orang awam..


Kata skizofrenia sendiri b'asal dari bahasa Yunani yang b'rarti jiwa yang retak (skizos artinya retak, n frenas artinya jiwa). Jiwa manusia itu terdiri dari tiga unsur, yaitu perasaan, kemauan, dan pikiran. Pada orang yang normal, ketiga unsur ini senada. Artinya kalo prasaan lagi seneng, maka kmauan n pikirannya m'dukung. Sbaliknya, kalo lagi sedih, ketiga-tiganya menurun. Smentara pada orang yang punya jiwa yang retak (skizofrenia), ketiga unsur itu gak berjalan senada. Misalnya ada orang yg bilang "gw sedih banget, kucing gw kelindes bajaj," tapi dia ketawa. Itu artinya retak. Dia sedih tapi dia gembira juga. Jadi kalo ada keretakan di unsur jiwanya baru deh itu disebut skizofrenia, tapi jangan salah.. gak semua orang sakit jiwa mengalami keretakan jiwa.



Gejala skizofrenia secara klinis gampang dikenalin smacem halusinasi, delusi (keyakinan yang gak b'dasar), emosi yang labil, gangguan tingkah laku, n gangguan proses b'pikir. *loh kok kayak gw yaahhh.. =P*


Gak beda dgn kanker atau penyakit kompleks lainnya, misteri skizofrenia blom spenuhnya terpecahkan sampe sekarang. Masih banyak pertanyaan ttg penyakit ini yang blom bisa dijawab oleh para ahli.


kelainan perkembangan syaraf otak, salah satu faktor nongenetik penyebab skizofrenia


Menurut penelitian para ahli siy, skizofrenia cuma bisa timbul pada orang yang punya gen pembawa. Meskipun bgitu, gak semua yang memiliki gen pembawa bakal mengidap skizofrenia. Nah, kalo timbul gejala kayak skizofrenia pada orang yang gak punya gen pembawa, maka bisa dipastiin itu bukan skizofrenia.



Trus, bisa sembuh gak siy penderita skizofrenia ini? Walaupun kambuhnya penyakit ini bisa dicegah dengan berbagai macam terapi dan obat2an, ternyata penyakit ini blom bisa disembuhin secara total. Jadi yg bener2 harus diperatiin adalah jangan sampe penyakit ini kambuh, karena kalo kambuh brarti ada resistensi terhadap obat n terapinya shingga penderitanya butuh dosis obat yang makin lama makin tinggi, tentunya obat2an ini punya side effect yg gak bagus khan..


Mengidap penyakit sperti skizofrenia tentunya bikin masa depan penderitanya terlihat suram. Dengan makin buruknya masa depan penderita, bakal b'tambah pula beban keluarga n sumber daya buat ngerawat kesehatannya. Kondisi ini yg sering nyebabin merosotnya hubungan penderita dgn keluarga n lingkingan sosialnya, juga ningkatin risiko t'jadinya perilaku yang membahayakan. Semua ini yg bikin banyak penderita skizofrenia b'akhir jadi gelandangan di jalan-jalan. *naudzubillahi min dzalik*

0 comments: